Percaya Atau Tidak, 5 Tarian "Pemanggil Arwah" Ini Masih Sering Dimainkan di Indonesia


Tau nggak sih, bahwa tarian itu bukan hanya digunakan sebatas hiburan belaka. Namun juga ada tarian dengan tujuan tertentu. Misalnya, ada tarian Remo khas Ponorogo yang digunakan untuk menyambut tamu, dan lainnya, bahkan ada tarian-tarian yang dimainkan untuk memanggil arwah.

Berikut ini beberapa tarian tradisional khas Indonesia yang digunakan untuk memanggil arwah leluhurnya atau dipersembahkan bagi arwah lelulur. Makanya sering terjadi kesurupan pada si penari.

1) Tari Sigale-gale


Tarian Sigale-gale berasal dari suku Batak Samosir Sumatera Utara. Tarian ini dimainkan untuk mengantarkan arwah orang yang sudah meninggal ke tempat peristirahatan terakhirnya.

2) Tari Seblang


Berasal dari Banyuwangi Jawa Timur. Tarian ini sendiri adalah untuk bersih desa dan tolak bala, demikian pula tarian yang dipersembahkan kepada arwah leluhur. Makanya sering terjadi kesurupan dalam acara tarian tersebut.

3) Tari Lumense

Merupakan tarian tradisional yang berasal dari Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Tarian ini juga dipersembahkan terhadap roh halus Kowanuano yang dipercaya sebagai penguasa negeri agar mengusir segala bencana yang mengancam para penduduk.

4) Salai Jin

Tarian ini dari Ternate, Maluku Utara. Tarian untuk meminta makhluk gaib yang menguasai daerah tersebut agar membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat.

5) Tari Bedhaya ketawang


Tarian ini berasal dari Jogjakarta atau Solo. Sebelum melakukan tarian ini harus menjalankan ritual khusus agar arwah sang pencipta tarian akan ikut menari bersama mereka.

Comments

Popular posts from this blog

Menguak Kampung Janda! 90% Penduduknya Janda Muda Cantik, 1 Rumah Bisa ada 3 Janda

Dunia Hiburan Kembali Berduka! Komedian Berkarakter 'Gagap' Ini Meninggal Dunia