Menguak Kampung Janda! 90% Penduduknya Janda Muda Cantik, 1 Rumah Bisa ada 3 Janda


Batuah, Kelurahan Kemuning, Kota Banjarbaru, kampung ini disebut sebagai kampung janda oleh warganya. Hal ini tiada lain karena sudah sejak 10 tahun yang lalu kampung ini memiliki banyak sekali janda.

Tak hanya satu jenis, dikampung ini juga terdapat banyak jenis janda. Ada janda banyak anak, janda satu anak, janda ditinggal mati, hingga janda dicerai suamipun ada.

Menurut ketua RT setempat, di kampungnya tersebut bisa dihitung rumah yang tidak ada jandanya. "Mungkin cuma tiga buah rumah saja yang tak ada jandanya," ungkap ketua RT tersebut.

"Ada sekitar 26 kepala keluarga yang merupakan seorang janda, dari 37 rumah. Tapi kalau dihitung per kepala hampir 90 persen perempuan di sini janda," tambah ketua RT tersebut.


Selain di kampung tersebut, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah juga terkenal dengan banyak penduduk wanitanya yang bestatus janda lho bahkan banyak yang masih muda dan cantik. Hasil sensus, ada sekitar 473 wanita muda yang berstatus sebagai janda.

Usut punya usut, masyarakat setempat mempunyai kebiasaan untuk menikahkan anak-anak mereka pada usia yang masih belia. Usia yang masih sangat muda tersebut mendorong banyaknya terjadinya kasus perceraian.

Fenomena serupa juga terjadi di Kampung Janda Bogor. kampung tersebut adalah Kampung Panyarang di Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Dilansir dari Tribunnewsbogor.com ada sekitar 30 wanita berstatus janda dari 65 Kepala Keluarga.

Comments

Popular posts from this blog

Percaya Atau Tidak, 5 Tarian "Pemanggil Arwah" Ini Masih Sering Dimainkan di Indonesia

Dunia Hiburan Kembali Berduka! Komedian Berkarakter 'Gagap' Ini Meninggal Dunia